Rabu, 08 Juni 2011

5 Tips Hidup Hemat dalam Rumah Tangga

5 Tips Hidup Hemat dalam Rumah Tangga,
Hidup Hemat adalah idaman dan keinginan setiap keluarga namun kadangkala tanpa tersadari pintu pengeluaran menjadi lebih besar ketimbang pintu pendapatan, Lalu kita berpikir, dimanakah uang itu terpakai sehingga membuat anggaran keluar lebih banyak dari yang seharusnya?
Jika ini terjadi, sebaiknya kita interopeksi diri sendiri. Langkah selanjutnya merubah kebiasaan dan gaya hidup kita sehari-hari. Berikut ini lima Tips Hidup Hemat dalam rumah tangga yang patut Anda ketahui.

1. Tentukan Anggaran Setiap Bulan
Setiap awal bulan, buatlah sebuah rencana anggaran untuk menentukan pos pengeluaran dan pos pemasukan. Di pos pengeluaran, buatlah daftar semua jenis pengeluaran untuk rumah tangga misalnya, anggaran belanja bulanan dan harian; membayar listrik, telepon dan air; uang sekolah anak-anak; transportasi dan sebagainya. Jangan sampai ada rencana pengeluaran yang terlewat dituliskan.

Di pos pemasukan, Anda dapat menuliskan jumlah gaji suami dan jumlah gaji Anda, jika Anda bekerja. Tuliskan juga pendapatan Anda dari sumber lain apabila ada.

Setelah semuanya dituliskan, lihatlah apakah antara pos pengeluaran dan pos pemasukan berimbang. Pos pengeluaran tidak boleh melebihi pos pemasukan. Jika pos pengeluaran berlebih, cobalah meneliti, pada bagian manakah Anda perlu berhemat dan Anda dapat menentukan cara hidup hemat yang tepat bagi keluarga Anda.

Tentukan pula anggaran untuk tabungan. Jangan pernah beranggapan bahwa tidak bisa menabung karena jumlah pemasukan selalu pas-pasan. Berapapun jumlah uang yang Anda terima akan habis begitu saja jika tidak direncanakan dengan baik. Lebih baik jika Anda dapat menyisihkan minimal 10 persen dari pendapatan untuk tabungan agar apabila terjadi sesuatu di luar rencana, Anda memiliki dana cadangan.

2. Catat Pengeluaran
Setelah membuat anggaran bulanan, catatlah setiap pengeluaran sekecil apapun. Guna catatan pengeluaran ini adalah untuk mengevaluasi apakah jumlah Uang yang kita keluarkan setiap bulannya sesuai dengan anggaran yang telah kita buat sebelumnya.

Miliki satu buku khusus yang mudah Anda bawa kemanapun pergi, jadi Anda dapat langsung menuliskannya setelah mengeluarkan uang.

3. Berhemat di Berbagai Pos yang Memungkinkan
Sebagian orang mencari-cari alasan yang dapat membenarkan sikap mereka mengeluarkan lebih banyak uang di luar anggaran. Sebenarnya berhemat dapat dilakukan pada berbagai pos pengeluaran dengan cara sebagai berikut.
-Hemat belanja bulanan
Belanja bulanan seringkali merupakan pos pengeluaran yang cukup besar. Karena itu, batasi belanja bulanan sebulan sekali atau maksimal sebulan dua kali.

Jangan memaksakan diri pergi berbelanja karena tergiur satu barang yang sedang promo atau turun harga. Yang sering terjadi, kita tergoda membeli barang lain juga selain barang yang promo.
- Hemat listrik dan air
Mulailah menghemat air dan listrik untuk menekan pembayaran listrik dan air bulanan. Misalnya, gunakan mesin cuci seoptimal mungkin. Isilah sesuai dengan kapasitasnya, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Hal ini akan menghemat listrik dan air untuk mesin cuci. Gunakan AC pada saat dibutuhkan saja. Hindari menyalakannya sepanjang hari. Matikan lampu jika tidak digunakan. Selain menghemat listrik dan air, kita juga ikut menjaga lingkungan.
- Hemat keperluan dapur
Buatlah menu mingguan bersama seluruh anggota keluarga. Aturlah menu tersebut agar tidak seluruhnya memerlukan minyak untuk menggoreng. Makanan yang dikukus dan direbus lebih sehat dibandingkan makanan yang digoreng.

4. Hindari Belanja yang Tak Perlu
Hindari pergi ke pusat perbelanjaan jika tidak ada keperluan yang mendesak. Apabila terpaksa harus ke pusat perbelanjaan untuk bertemu dengan seseorang karena urusan pekerjaan, misalnya, tinggalkan kartu kredit dan debit di rumah. Bawalah uang tunai secukupnya.

Prinsip ini berlaku pula saat kita bepergian. Hindari pengeluaran yang cukup besar untuk makan di restoran bersama anak-anak dengan membawa bekal dari rumah. Namun, tentu saja Anda dapat mengajak mereka makan di luar apabila memang sudah direncanakan dan dianggarkan.

5. Tanamkan Cara Hidup Hemat pada Anak-anak
Tanamkan cara hidup hemat pada anak-anak sejak dini. Buatlah mereka paham perlunya mematikan keran saat mencuci tangan, mematikan listrik yang tidak perlu, menjaga dengan baik barang-barang mereka agar tidak hilang atau rusak, dan sebagainya. Selain mengajarkan cara hidup hemat, anak-anak juga belajar bertanggung jawab.

0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...